Jumat, 28 Agustus 2015

tesla dikutip dari wikipedia

Nikola Tesla (lahir di Smiljan, Kroasia10 Juli 1856 – meninggal di New York City7 Januari 1943 pada umur 86 tahun) adalah seorang penemu,fisikawanteknisi mekanika, dan teknisi listrik Amerika Serikat.
Tesla dianggap sebagai salah satu penemu terpenting dalam sejarah dan merupakan salah seorang teknisi terbesar dalam akhir abad ke-19dan abad ke-20. Tesla merupakan seorang perintis elektromekaniktanpa kabel, dan daya listrik. Ia berketurunan Serbia dan menjadi warga negara Amerika Serikat pada 1891 selagi bekerja di negara tersebut.
Paten Tesla dan kerja teorinya merupakan dasar dari daya listrik arus bolak-balik (bahasa Inggris: Alternating Current, AC) modern termasukdistribusi daya polyphase, dan motor AC, yang ia umumkan pada Revolusi Industri Kedua. Setelah pendemonstrasian komunikasi tanpa kabelpada 1893 dan memenangkan "Perang Arus", Tesla dianggap sebagai salah satu teknisi listrik AS terhebat. Tesla memiliki pengalaman di telepon dan teknik elektro sebelum berimigrasi ke Amerika Serikat pada tahun 1884 untuk bekerja dengan Thomas A. Edison di New York City. Dia segera memutusukan keluar, dengan uang para investor dia menyiapkan laboratorium dan perusahaan untuk mengembangkan berbagai perangkat listrik. Oleh nya dipatenkan AC motor induksi dan transformator yang dilisensi oleh George Westinghouse , yang juga menyewa Tesla untuk waktu yang singkat sebagai konsultan. Karyanya di tahun-tahun formatif pembangunan tenaga listrik juga terlibat dalam perjuangan korporasi antara membuat arus bolak-balik atau arus searah standar transmisi listrik, disebut sebagai Perang Arus . Tesla pergi untuk mengejar ide-idenya pencahayaan nirkabel dan distribusi listrik di tegangan tinggi, eksperimen listrik frekuensi tinggi di New York dan Colorado Springs dan membuat awal (1893) pernyataan tentang kemungkinan komunikasi nirkabel dengan perangkat nya. Dia mencoba untuk menempatkan ide-ide untuk penggunaan praktis dalam upaya naas nya di transmisi nirkabel antar, yang belum selesai Wardenclyffe Menara proyek. Di laboratorium, ia juga melakukan berbagai eksperimen dengan mekanik osilator / generator, tabung debit listrik , dan pencitraan X-ray awal. Dia bahkan membangun sebuah perahu yang dikendalikan nirkabel, salah satu yang pertama yang pernah dipamerkan.
Tesla terkenal karena prestasi dan kecakapan memainkan pertunjukan, akhirnya sebagian masyarakat Amerika menyebutnya sebagai " ilmuwan gila . " Dari hak paten membuatnya mendapatkan sejumlah uang yang banyak, banyak yang digunakan untuk membiayai proyek-proyek sendiri dengan berbagai tingkat keberhasilan. Sebagian besar masa pensiunnya dihabiskan dalam serangkaian di hotel New York. Dia meninggal pada 7 Januari 1943. Karyanya terlupakan, relatif tidak dikenal setelah kematiannya, tetapi pada tahun 1960 Konferensi Umum tentang Berat dan Ukuran bernama Unit SI magnetik kerapatan fluks tesla diterapkan untuk menghormatinya. Peninggalan Tesla telah mengalami kebangkitan minat dalam budaya populer sejak tahun 1990-an.
Ayahnya, Milutin Tesla, adalah seorang Imam Ortodoks. Ibu Tesla, Đuka Tesla ( née Mandic), yang ayahnya juga seorang pendeta Ortodoks, memiliki bakat untuk membuat alat kerajinan rumah, peralatan mekanik, dan kemampuan untuk menghafal puisi epik Serbia . Đuka tidak pernah menerima pendidikan formal. Nikola (nama panggilan sewaktu kecil) memiliki bakat memori eidetik dan kemampuan kreatif dari genetika ibunya dan pengaruhnya juga. Nenek moyang Tesla berasal dari bagian barat Serbia, dekat Montenegro.
Tesla adalah keempat dari lima bersaudara. Dia memiliki kakak bernama Dane dan tiga saudara perempuan, Milka, Angelina dan Marica. Dane tewas dalam kecelakaan berkuda ketika Nikola berumur lima tahun. Pada tahun 1861, Tesla mengenyam pendidikan di Sekolah "rendah" "Primary" di Smiljan di mana ia belajar bahasa Jerman, aritmatika, dan agama. Pada tahun 1862, Keluarga Tesla pindah ke Gospic , Austria Empire, di mana ayah Tesla bekerja sebagai seorang pendeta. Nikola menyelesaikan Sekolah "rendah" atau "Primary", diikuti oleh "Bawah Nyata Gymnasium" atau "Normal School."
Pada tahun 1870, Tesla pindah ke Karlovac , Kroasia untuk bersekolah di Gymnasium Tinggi nyata , di mana ia sangat dipengaruhi oleh seorang guru matematika Martin Sekulic. Tesla mampu melakukan kalkulus integral dalam bukunya , yang mendorong guru untuk percaya bahwa ia berselingkuh. Ia selesai masa jabatan empat tahun dalam tiga tahun, lulus pada tahun 1873.
Pada tahun 1873, Tesla kembali ke birthtown nya, Smiljan. Tak lama setelah ia tiba, Tesla terjangkit kolera, dia terbaring di tempat tidur selama sembilan bulan dan hampir mati beberapa kali. Ayah Tesla, di saat-saat putus asa, berjanji akan mengirimnya ke sekolah teknik terbaik jika ia pulih dari penyakit (ayahnya awalnya ingin dia menjadi pendeta).
Pada tahun 1874, Tesla mengelak bahwa akan direkrut menjadi tentara Austro-Hungaria di Smiljan, dengan melarikan diri ke Tomingaj , dekat Gračac . Di sana, ia menjelajahi pegunungan dengan mengenakan pakaian pemburu. Tesla mengatakan bahwa berkontak dengan alam membuatnya lebih kuat, baik secara fisik maupun mental. Dia membaca banyak buku sementara di Tomingaj, dan kemudian mengatakan bahwa buku karya Mark Twain telah membantunya secara ajaib sembuh dari penyakit sebelumnya.
Pada tahun 1875, Tesla terdaftar di Austria Politeknik di Graz , Austria , pada beasiswa Militer Frontier. Selama tahun pertama, Tesla pernah melewatkan beberapa kali kuliah namun meraih nilai tertinggi, lulus ujian sembilan, mulai klub budaya Serbia, dan bahkan menerima surat pujian dari dekan fakultas teknis untuk ayahnya, yang menyatakan, "Anakmu adalah bintang dari peringkat pertama." Tesla mengklaim bahwa ia bekerja 03:00-11:00, tidak ada hari Minggu atau hari libur dikecualikan. Dia malu ketika ayahnya memujinya bahwa dia sudah bekerja sangat keras. Setelah kematian ayahnya pada tahun 1879. Tesla menemukan paket surat dari profesor kepada ayahnya, memperingatkan bahwa kalau dia keluar dari telah sekolah, Tesla akan dibunuh melalui kerja paksa. Selama tahun kedua, Tesla datang ke dalam konflik dengan Profesor Poeschl atas dinamo Gramme , ketika Tesla menyarankan bahwa commutators tidak diperlukan. Pada akhir tahun kedua, Tesla kehilangan beasiswa dan menjadi kecanduan judi. Selama tahun ketiga, Tesla mempertaruhkan uang saku dan uang kuliah nya, kemudian perjudian kembali merugikan nya dan dia berfikir untuk mengembalikan keseimbangan keluarganya. Tesla mengatakan bahwa ia "menaklukkan gairah itu juga," tetapi kemudian ia dikenal suka bermain biliar. Ketika waktu ujian tiba, Tesla tidak siap dan meminta perpanjangan untuk belajar, tapi ditolak. Dia tidak pernah lulus dari universitas dan tidak menerima nilai untuk semester terakhir.
Pada bulan Desember 1878, Tesla meninggalkan Graz dan memutuskan semua hubungan dengan keluarganya untuk menyembunyikan fakta bahwa ia keluar dari sekolah. Teman-temannya berpikir bahwa ia telah tenggelam di Sungai Mur . Tesla pergi ke Maribor (sekarang di Slovenia ), di mana ia bekerja sebagai juru gambar untuk 60 florin per bulan. Ia menghabiskan waktu luang bermain kartu dengan pria lokal di jalanan. Pada bulan Maret 1879, Milutin Tesla pergi ke Maribor untuk memohon kepada anaknya untuk kembali ke rumah, tapi Nikola menolak. Nikola mengalami gangguan saraf di waktu yang sama pada saat itu.
Pada 24 Maret 1879, Tesla dikembalikan ke Gospic di bawah penjagaan polisi karena tidak memiliki izin tinggal. Pada 17 April 1879, Milutin Tesla meninggal pada usia 60 setelah tertular penyakit yang tidak diketahui (meskipun beberapa sumber mengatakan bahwa ia meninggal karena stroke). Selama tahun itu, Tesla mengajar kelas besar siswa di sekolah lamanya, Higher nyata Gymnasium, di Gospic.
Pada bulan Januari 1880, dua paman Tesla mengumpulkan cukup uang untuk membantu dia meninggalkan Gospic untuk Praha di mana ia belajar. Sayangnya, ia tiba terlambat untuk mendaftar di Charles-Ferdinand Universitas ; ia tidak pernah belajar bahasa Yunani, subjek yang diperlukan; dan dia buta huruf di Republik , subjek diperlukan lagi. Tesla itu, bagaimanapun, menghadiri kuliah di universitas, meskipun, sebagai auditor, ia tidak menerima nilai untuk kursus.
Pada tahun 1881, Tesla pindah ke Budapest untuk bekerja di bawah Ferenc Puskas pada perusahaan telegraf, Budapest Telephone Exchange. Setelah tiba, Tesla menyadari bahwa perusahaan dalam masa pembangunan, menurut dia tidak fungsional, sehingga ia bekerja sebagai juru Telegraph di Kantor Pusat sebagai gantinya. Dalam beberapa bulan, Budapest Telephone Exchange menjadi fungsional dan Tesla dialokasikan ke posisi listrik utama. Selama masa kerjanya, Tesla membuat banyak perbaikan peralatan Central Station dan mengaku telah disempurnakan telepon repeater atau penguat , yang tidak pernah dipatenkan atau dijelaskan ke publik.
Bekerja untuk Edison Pada tahun 1882, Tesla mulai bekerja untuk Kontinental Edison Perusahaan di Perancis, merancang dan membuat perbaikan untuk peralatan listrik. Pada bulan Juni 1884, ia pindah ke New York City, di mana ia disewa oleh Thomas Edison bekerja untuk nya di Edison Machine Works. Karya Tesla untuk Edison mulai dengan teknik elektro yang sederhana dan cepat berkembang untuk memecahkan masalah yang lebih sulit.
Tesla ditawari tugas sepenuhnya mendesain ulang Edison Perusahaan arus searah generator . Pada tahun 1885, ia mengatakan bahwa ia bisa mendesain ulang Edison yang tidak efisien motorik dan generator, membuat perbaikan dalam layanan dan ekonomi. Menurut Tesla, Edison mengatakan, "Ada lima puluh ribu dolar untuk Anda-jika Anda bisa melakukannya", ini telah dicatat sebagai pernyataan aneh dari Edison yang perusahaannya adalah pelit dengan gaji. Setelah sebulan bekerja, Tesla memenuhi tugas dan bertanya tentang pembayaran. Edison, mengatakan bahwa ia hanya bercanda, dengan berkata, "Tesla, Anda tidak mengerti humor Amerika kami . " Sebaliknya, Edison menawarkan US $ 10 per minggu kenaikan gaji menjadi US $ 18 per minggu gaji; Tesla menolak tawaran itu dan segera mengundurkan diri.
Setelah meninggalkan perusahaan Edison Tesla bermitra dengan dua pengusaha pada tahun 1886, Robert Lane dan Benjamin Vale, yang setuju untuk membiayai perusahaan penerangan listrik dengan nama Tesla, Tesla Electric Light & Manufacturing. Perusahaan ini dipasang listrik lampu busur sistem pencahayaan berbasis dirancang oleh Tesla dan juga memiliki desain untuk dinamo komutator mesin listrik, paten pertama yang dikeluarkan untuk Tesla di Amerika Serikat.
Para investor menunjukkan sedikit minat dalam ide-ide Tesla untuk jenis baru dari motor dan peralatan transmisi listrik dan juga tampaknya berpikir itu lebih baik untuk mengembangkan utilitas listrik daripada menciptakan sistem baru. Mereka akhirnya terpaksa meniggalkan Tesla dan menarik uang mereka. Dia bahkan kehilangan kontrol dari paten yang telah dihasilkan sejak ia ditugaskan mereka untuk perusahaan sebagai pengganti saham. Ia harus bekerja di berbagai pekerjaan perbaikan listrik dan bahkan sebagai penggali parit sebesar $ 2 per hari. Tesla menganggap musim dingin pada tahun 1886/1887 sebagai waktu "sakit kepala yang mengerikan dan air mata pahit." Selama ini, ia mempertanyakan nilai pendidikan dan menyesalinya.
Pada akhir 1886 Tesla bertemu Alfred S. Brown, seorang pengawas Western Union, dan pengacara dari New York Charles F. Peck. Kedua orang itu berpengalaman dalam mendirikan perusahaan dan mempromosikan penemuan dan paten untuk keuntungan finansial. Berdasarkan paten Tesla dan ide-ide lain mereka sepakat untuk kembali padanya secara finansial dan menangani paten nya. Bersama di April 1887 mereka membentuk Tesla Electric Company dengan perjanjian yang menguntungkan dari paten yang dihasilkan akan masuk ke 1/3 Tesla, 1/3 untuk Peck dan Brown, dan 1/3 untuk membiayai pembangunan. Mereka mendirikan laboratorium untuk Tesla di 89 Liberty Street di Manhattan di mana dia bekerja pada penigkatkan dan pengembangkan jenis baru dari motor listrik, generator dan perangkat lainnya.
Salah satu hal yang Tesla kembangkan di laboratorium pada tahun 1887 adalah motor induksi yang berlari pada saat ini, format sistem kekuasaan yang mulai dibangun di Eropa dan Amerika Serikat karena kelebihannya dalam jarak jauh bolak tegangan tinggi transmisi. Motor yang digunakan polyphase saat yang menghasilkan medan magnet berputar untuk menghidupkan motor (Tesla telah pahami prinsip itu pada tahun 1882). Ini motor listrik yang inovatif, dipatenkan Mei 1888, adalah sederhana diri mulai desain yang tidak memerlukan pembalik , sehingga menghindari memicu dan pemeliharaan yang tinggi terus-menerus melayani dan mengganti sikat mekanis.
Pada tahun 1888, editor majalah dari Dunia Listrik, Thomas Commerford Martin (taman dan humas), menginginkan Tesla untuk menunjukkan sistem arus bolak-balik nya, termasuk motor induksi nya, di American Institute of Electrical Engineers (sekarang IEEE ). Insinyur yang bekerja untuk Westinghouse Electric & Manufacturing Company melaporkan ke George Westinghouse bahwa Tesla memiliki motor AC yang layak dan kekuasaan terkait sistem-sesuatu yang Westinghouse telah berusaha untuk mengamankan patennya. Westinghouse melihat ke dalam mendapatkan hak paten pada commutatorless sama berputar medan magnet berbasis motor induksi disajikan dalam makalah Maret 1888 oleh fisikawan Italia Galileo Ferraris tetapi memutuskan paten Tesla mungkin akan mengendalikan pasar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar